Cara Promil Alami yang Aman dengan Keberhasilan Tinggi

Senin, 15 April 2024 14:07 WIB

Cara Promil Alami yang Aman dengan Keberhasilan Tinggi
Amanda Sagarmatha

Amanda Sagarmatha

Bagikan :

Setelah resmi menjadi suami istri, apakah Mums dan Dads ingin segera memiliki momongan? Jika Mums dan suami tidak ingin menunda kehamilan, maka Mums sudah bisa langsung merencanakan kehamilan. Meskipun Mums dan pasangan mau alami saja, promil harus disiapkan agar nantinya terjadi kehamilan sehat. Cara promil alami itu seperti apa?

Cara promil alami adalah proses perencanaan kehamilan yang tidak melibatkan obat-obatan atau peralatan. Mums bisa mencoba cara promil alami dengan mengamati tanda-tanda masa subur dan kapan harus melakukan hubungan seksual. Ini adalah cara promil alami yang paling sederhana. Yuk, kita bahas lebih detil soal cara promil alami.

Cara Promil Alami yang Bisa Dicoba

Mums pasti sudah tahu kalau kehamilan dapat terjadi jika hubungan seksual dilakukan tepat sebelum atau sesudah ovulasi. Ovulasi adalah saat ovarium melepaskan sel telur. Biasanya terjadi pada waktu yang sama setiap bulannya. Sel telur bergerak menuju rahim melalui saluran tuba. Di sinilah pembuahan terjadi. Telur yang tidak dibuahi dapat hidup hingga 12 jam. Tubuh akan melepaskan sel telur saat menstruasi jika tidak dibuahi. Berikut ini 3 cara promil alami yang diawali dengan mengamati tanda masa subur dan saatnya Mums rutin berhubungan seksual dengan suami. 

  1. Amati lendir serviks

Cara promil alami yang pertama adalah metode lendir atau ovulasi. Mulai sekarang, Mums harus rajin memeriksa dan melacak lendir serviks yang keluar dari vagina. Selama ovulasi, lendir serviks biasanya melar, bening, dan licin. Bentuk dan teksturnya seperti putih telur mentah. 

  1. Memahami perubahan suhu tubuh

Tanda masa subur kedua untuk Mums yang sedang melakukan promil alami adalah  metode simptotermal. Caranya, Mums setiap hari mengukur suhu basal tubuh menggunakan termometer khusus suhu basal tubuh. Mums bisa mengukurnya di mulut, vagina, atau rektum. 


Suhu basal tubuh biasa adalah antara 36,1°C dan 36,6°C. Pada saat ovulasi, suhu basal tubuh akan meningkat antara 0,5 hingga 1 derajat. Supaya akurat, lakukan pengukuran suhu basal setiap pagi hari setelah bangun tidur. Idealnya, waktunya harus sama serta cara dan area pengecekan suhunya pun sama, apakah di mulut, vagina, atau rektum.

  1. Metode hitung tanggal mentsruasi

Cara promil alami berikutnya adalah metode ritme. Hal ini didasarkan pada tanggal kalender dari siklus menstruasi sebelumnya. Metode ini mungkin lebih sulit dan tidak dapat diandalkan karena kadang siklus mentruasi mengalami perubahan. Siklus menstruasi yang normal adalah antara 28 hingga 32 hari. Hari seseorang mulai menstruasi dianggap sebagai hari pertama. Ovulasi sering terjadi sekitar hari ke-14 siklus menstruasi.

Terkadang, pasangan suami istri menggabungkan pendekatan tersebut. Ada beberapa wanita yang merasakan gejala lain saat ovulasi, seperti kembung, sakit punggung, nyeri payudara, atau nyeri di ovarium. Biasanya diperlukan 3 hingga 6 siklus pengukuran untuk mendapatkan gambaran akurat tentang pola ovulasi Mums.


Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Promil dengan Cara Alami

Selain berhubungan seks saat masa subur, berikut 10 cara promil alami yang sebaiknya juga dilakukan:

1. Hentikan kontrasepsi

Jika Mums sedang program hamil, tentunya semua metode kontrasepsi harus dihentikan, baik itu kondom, pil, suntik KB, atau kontrasepsi alami. 

2. Berhubungan seks di waktu yang tepat

Beberapa pasangan gagal hamil karena mencoba berhubungan seks di waktu yang salah. Hanya ada beberapa hari dalam sebulan seorang wanita bisa dibuahi, yaitu pada hari ovulasi atau beberapa hari menjelang ovulasi.

3.Optimalkan kesehatan vagina 

Kondisi vagina yang kering dapat menghambat perjalanan sperma yang akan membuahi sel telur. Dalam sebuah penelitian di 11 negara yang melibatkan lebih dari 6.500 wanita, 18% wanita berusia 18–34 tahun dilaporkan mengalami kekeringan pada vagina. Jika Mums mengalaminya, gunakan pelumas yang ramah sperma. Selain itu, jika mengalami keputihan yang tidak normal, segera berkonsultasi dengan dokter. 

4. Konsumsi asam folat

Mengonsumsi suplemen asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi, seperti spina bifida. Wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengonsumsi suplemen asam folat 400 mikrogram setiap hari, idealnya dimulai 3 bulan sebelum Mums mulai mencoba untuk hamil dan sepanjang trimester pertama kehamilan. 

5. Makan makanan sehat

Untuk memberikan awal kehamilan yang terbaik, bahkan sebelum pembuahan, ada baiknya Mums dan suami mengonsumsi makanan teratur dan seimbang, banyak buah dan sayuran segar, serta mengurangi makanan olahan dan cepat saji. 

6. Hindari makanan tertentu

Hindari makan telur, daging, atau kerang mentah atau setengah matang karena kemungkinan mengandung salmonella atau organisme lain yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Selain itu, produk susu yang tidak dipasteurisasi. 

7. Tetap bugar dan menjaga berat badan yang sehat

Kehamilan memberikan banyak tekanan pada tubuh, sehingga menjaga tubuh tetap bugar sebelum kehamilan. Jika Mums memiliki tubuh bugar sebelum hamil, Mums akan lebih mudah untuk tetap aktif sepanjang masa kehamilan. Olahraga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan tingkat energi, juga mengurangi stres, yang tidak baik dalam kehamilan.

Memiliki berat badan yang sehat dan ideal dapat membantu Mums untuk hamil. Usahakan untuk berusaha mencapai berat badan ideal sebelum program hamil. 

8. Berhenti merokok dan alkohol

Sebaiknya hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol saat Mums tengah mencoba cara promil alami dan setelah hamil. Zat-zat dalam rokok dan alkohol semuanya berbahaya untuk janin dan kesehatan Mums sendiri. Suami juga diminta berhenti juga, ya!

9. Vaksin

Mungkin Mums dianjurkan melakukan vaksin sebelum hamil, misalnya rubella yang juga dikenal sebagai campak Jerman, yang dapat berdampak serius pada bayi yang belum lahir. Sebaiknya pastikan Mums terlindungi sepenuhnya dari rubella jika berencana hamil. 


10. Libatkan pasangan

Lakukan semua kebiasaan baik itu dengan suami. Karena selain membutuhkan sel telur yang sehat, cara promil alami juga butuh sperma yang sehat. 


Referensi

Familydoctor.org: Natural Family Planning

Clearblue: Top 10 things to help you get pregnant