Dukung Anak Fokus dan Semangat di Sekolah dengan Sarapan Bergizi Lengkap

Rabu, 25 September 2024 17:00 WIB

Dukung Anak Fokus dan Semangat di Sekolah dengan Sarapan Bergizi Lengkap

Dukung anak agar tumbuh kuat, sehat, dan cerdas adalah asupan gizi yang cukup. Pemenuhan gizi ini dapat diperoleh melalui konsumsi makanan yang sehat setiap hari. Dalam hal ini, sarapan ternyata memegang peranan penting lho Mums untuk membantu memenuhi kecukupan gizi anak.

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat sarapan untuk anak-anak? Dan apa saja dampaknya jika anak tidak mendapatkan sarapan yang bergizi lengkap setiap harinya? Yuk, simak ulasan selengkapnya dalam artikel berikut!


Siswa Indonesia Banyak yang Tidak Mendapatkan Sarapan Setiap Pagi

Sarapan memegang kunci penting agar anak bisa tetap fokus belajar dan semangat beraktivitas di sekolah. Sayangnya, berdasarkan Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020, sebanyak 66,8% anak sarapan dengan kualitas gizi rendah dan belum terpenuhi asupan vitamin serta mineralnya.

Tingginya prevalensi anak yang tidak sarapan ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain; pengaruh persepsi diri dan lingkungan yang menganggap proses makan hanyalah untuk menghilangkan rasa lapar, pemenuhan asupan tubuh agar tidak mudah sakit, serta terbatasnya pilihan menu sarapan.

Baca juga:

Kasih Saran, Yuk!