Mata Bayi Belekan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jumat, 30 Agustus 2024 11:32 WIB

Mata Bayi Belekan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ella Nurlaila

Ella Nurlaila

Bagikan :

Mata bayi belekan merupakan kondisi infeksi mata yang umum terjadi pada anak kecil. Konjungtivitis, begitu istilah medis untuk infeksi mata tersebut.  Jika si kecil mengalami konjungtivitis, ia akan mengalami kemerahan dan peradangan pada konjungtiva yaitu selaput bening yang menutupi bagian putih mata dan bagian dalam kelopak mata. 


Penyebab Mata Bayi Belekan

Berdasarkan penyebabnya, konjungtivitis dikenal ada dua jenis, yaitu konjungtivitis menular dan konjungtivitis alergi. Kedua jenis mata bayi belekan ini memiliki gejala yang sangat mirip, sehingga sulit membedakan mana jenis menular dan alergi. 


Konjungtivitis menular disebabkan oleh virus atau bakteri. Mata anak belekan karena virus atau alergi ini dapat terinfeksi melalui kontak dengan berbagai cara di antaranya, keluarnya cairan dari mata, hidung, atau tenggorokan orang yang terinfeksi. 


Selain itu, kontak melalui jari, permukaan atau handuk yang terkontaminasi, dan air yang terkontaminasi misalnya saat berenang. 


Sementara itu konjungtivitis alergi disebabkan oleh reaksi alergi. Bentuk konjungtivitis ini tidak menular. Sehingga relatif aman ketika anak bermain atau berinteraksi langsung

Kasih Saran, Yuk!