Mengenal Rahim Terbalik dan Rekomendasi Posisi agar Cepat Hamil

Senin, 6 Mei 2024 09:28 WIB

Mengenal Rahim Terbalik dan Rekomendasi Posisi agar Cepat Hamil
Ella Nurlaila

Ella Nurlaila

Bagikan :

Kendati posisinya tak biasa, rahim atau leher rahim terbalik atau miring merupakan kondisi yang normal dan biasa saja. artinya rahim miring ke arah tulang belakang bukan ke arah depan. Kabar baiknya, kondisi ini tidak menyulitkan terjadinya kehamilan. Kendati demikian, tetap perlu diketahui posisi cepat hamil untuk rahim terbalik. 


Bagi pasangan yang mengalami hal ini, tidak perlu khawatir. Bagaimana pun ada rekomendasi posisi cepat hamil untuk rahim terbalik yang diyakini sangat efektif. Tidak ada salahnya mencoba rekomendasi tersebut ya Mums. 

Baca juga: 6 Manfaat Konsumsi Kurma Muda untuk Promil


Penyebab Rahim Terbalik

Sebagai sesuatu yang normal, rahim terbalik ini dialami oleh oleh 1 dari 5 orang wanita. Beberapa di antaranya mendapatkan rahim terbalik sejak lahir. Namun ada pula yang mengalami kemiringan rahim karena kondisi tertentu seperti jaringan parut yang tertahan akibat endometriosis, infeksi, penyakit radang panggul atau operasi panggul termasuk operasi caesar sebelumnya. 

Penyebab lainnya, rahim membesar akibat tumor atau fibroid, juga kehamilan sebelumnya. otot panggul yang lemah juga bisa jadi pemicunya. Cara mendiagnosanya tentu saja dengan cara USG. Namun, ada gejala yang bisa ditimbulkan seperti nyeri atau kram saat haid, nyeri saat berhubungan intim, inkontinensia urin ringan atau tekanan pada kandung kemih, ISK berulang. Namun jika rahim yang terbalik disebabkan oleh kondisi seperti endometriosis, kondisi tersebut dapat memengaruhi kesuburan. 

Kabar baiknya, bagi wanita hamil dengan rahim terbalik, rahim akan membesar dan lurus jelang akhir trimester pertama sekitar minggu ke 10-12. Hal ini akan membuat rahim terangkat keluar dari panggul dan tidak lagi miring ke belakang. 

Setelah melahirkan, ada dua kemungkinan, yaitu rahim kembali ke posisi semula miring atau terbalik. Atau mungkin menetap di posisi normal. Hal ini tergantung pada berapa banyak kenaikan berat badan selama kehamilan dan seberapa banyak ligament meregang akibat kehamilan dan persalinan. Yang pasti, apapun posisi rahim paska persalinan, kecil kemungkinannya menyebabkan masalah setelah melahirkan atau pun kehamilan berikutnya. 

Baca juga: Cara Promil Alami yang Aman dengan Keberhasilan Tinggi

Rekomendasi Posisi Cepat Hamil untuk Rahim Terbalik   

Rahim yang terbalik atau miring tidak berpengaruh pada kemampuan untuk hamil. Artinya kondisi ini jarang berdampak pada kehamilan maupun persalinan. Kabar baiknya, seringkali rahim yang terbalik akan membaik dengan sendirinya pada trimester kedua kehamilan seiring dengan pertumbuhannya. 


Para ahli merekomendasikan posisi cepat hamil untuk rahim terbalik, di antaranya:

1. Posisi Standar

Ini adalah posisi Mums berbaring telentang, kaki melebar, lutut ditekuk dan kaki menjejak kuat di atas tempat tidur serta posisi pria di atas. Mums bisa melakukan berbagai versi seperti letakkan lutut di bahu pasangan atau mungkin meregangkan kedua kaki.

Postur ini disarankan sebagai cara terbaik untuk hamil karena memungkinkan penetrasi yang dalam sehingga saat Mums telentang, leher rahim sebenarnya miring ke bawah sehingga memudahkan sperma masuk ke leher dan rahim. 


2. Doggy Style

Posisi cepat hamil untuk rahim terbalik lainnya yaitu doggy style yang memungkinkan sperma ditempatkan paling dekat dengan leher rahim sehingga meningkatkan peluang pembuahan.

3. Berdampingan (side by side)

Posisi lainnya adalah berdampingan, ini akan memberikan serviks mendapatkan curahan sperma terbaik. 


4. Meninggikan panggul

Salah satu teknik untuk memberikan eksposur tertinggi pada serviks adalah dengan meninggikan pinggul. Letakkan bantal di bawah sisi punggung, posisi ini memungkinkan kecepatan dan keberhasilan sperma mencapai sel telur. 


Mums, kondisi rahim terbalik biasanya tidak mengganggu sensasi atau kenikmatan seksual. Namun hal ini terkadang bisa membuat hubungan seksual jadi menyakitkan. Ketidaknyamanan ini mungkin lebih terasa saat berada dalam posisi tertentu. 


Rahim yang terbalik berada cukup rendah di panggul bersama dengan ovarium. Selama hubungan seks yang kuat atau dorongan yang dalam, kepala penis dapat menekan dinding vagina sehingga menabrak rahim atau ovarium. Inilah yang menimbulkan rasa sakit. Jika merasa tidak nyaman, coba ubah posisi.  


Mums, itulah informasi penting seputar rahim terbalik yang perlu diketahui. Bahwa memiliki rahim terbalik tidak akan memengaruhi kesuburan dan kehamilan. Mums tetap punya peluang untuk hamil selama tidak ada gangguan infertilitas serius dari kedua pihak. Dan tentu saja upaya untuk bisa punya momongan harus dengan menerapkan berbagai rekomendasi posisi cepat hamil untuk rahim terbalik dari para ahli seperti yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba dan jangan putus asa ya Mums. 

Baca juga: Pil KB adalah Solusi untuk Promil, Benarkah?


Referensi : 

Babycenter. tilted uterus

Healthline. tilted uterus