Pakar Nyatakan Air Minum dari Galon Polikarbonat Bukan Penyebab Autis

Selasa, 27 Agustus 2024 18:00 WIB

Pakar Nyatakan Air Minum dari Galon Polikarbonat Bukan Penyebab Autis

Sampai saat ini dunia kedokteran belum bisa menemukan penyebab pasti autisme. Namun, informasi menyesatkan tentang penyebab autis sangat sering kita dengar. Misalnya, zat tertentu, atau vaksin tertentu dapat memicu autis. Terakhir, muncul isu bahwa air mineral dari galon berbahan polikarbonat (galon isi ulang), dapat memicu autisme.



Padahal belum ada satupun bukti yang menyebutkan bahwa autis pada anak disebabkan karena mengonsumsi air minum dalam kemasan galon Polikarbonat. Yuk, kita cek fakta sebenarnya.


Baca juga: Perkembangan Anak Usia 7 Tahun, Sudah Seberapa Mandiri?


Apa itu Gangguan Spektrum Autisme?

Menurut WHO, autisme yang juga disebut Autism spectrum disorders (ASD), bukan entitas satu gangguan, melainkan sekelompok kondisi yang beragam yang terkait dengan perkembangan otak. Gangguan spektrum autisme ditandai dengan beberapa tingkat keparahan, namun secara umum ditandai dengan kesulitan dalam interaksi sosial dan komunikasi.


Karakteristik lainnya adalah pola aktivitas dan perilaku yang tidak biasa, seperti kesulitan dalam transisi dari satu aktivitas ke aktivitas lain, fokus pada detail, dan reaksi yang tidak biasa terhadap sensasi.


Menurut National Institute

Kasih Saran, Yuk!