Mengenal Apa Itu Hypnobirthing: Teknik Persalinan yang Bikin Rileks

Kamis, 2 Mei 2024 10:49 WIB

Mengenal Apa Itu Hypnobirthing: Teknik Persalinan yang Bikin Rileks
Ana Yuliastanti

Ana Yuliastanti

Bagikan :

Mums pernah mendengar hypnobirthing? Mungkin Mums ingin tahu apa itu  hypnobirthing. Ini  merupakan salah satu metode manajemen nyeri yang dapat digunakan selama proses persalinan dan melahirkan.  Tujuannya agar selama proses persalinan Mums bisa lebih rileks.


Hypnobirthing merupakan gabungan dari teknik visualisasi, relaksasi, dan pernapasan yang bertujuan membantu ibu hamil merasa lebih tenang, lebih terkendali, dan lebih mampu mengatasi nyeri persalinan. Yuk, simak apa itu  hypnobirthing selengkapnya di sini!

Baca juga: 5 Persiapan Melahirkan Caesar


Apa itu  hypnobirthing?

Jadi jika Mums bertanya-tanya apa itu hypnobirthing, maka jawabannya adalah: “Hypnobirthing mengajarkan keterampilan relaksasi, visualisasi, dan self-hypnosis.” Hypnobirthing semakin populer karena beberapa orang mengatakan ini adalah cara melahirkan dengan lembut dan tenang. Beberapa orang menggambarkannya sebagai membiarkan mereka melahirkan tanpa obat. 

Hypnobirthing bukan berarti Mums tidak akan merasakan nyeri persalinan sama sekali. Karena pada hypnobithing, tetap digunakan berbagai jenis metode pengurangan nyeri secara bersamaan. Hypnobirthing mencoba memberikan pandangan positif kepada ibu hamil tentang persalinan dan keyakinan bahwa melahirkan tidak harus menyakitkan. Tujuannya adalah persalinan yang lebih singkat, nyaman, mudah, dan tidak memerlukan intervensi atau pereda nyeri. Dengan tubuh yang rileks dan fokus, nyeri persalinan bisa diatasi dengan lebih tenang.

Latihan pernapasan telah lama menjadi bagian dari kelas antenatal. Nah, apa bedanya dengan hypnobirthing? Teknik pernapasan pun dilakukan pada  hypnobirthing, namun dengan menambahkan teknik relaksasi, visualisasi, dan perhatian. Dengan begitu, ibu hamil akan berada pada kondisi ketenangan dan kesadaran yang mendalam. Harapannya, ibu hamil yang akan melalui proses persalinan dapat menghindari gangguan, lebih fokus hanya pada tubuh dan bayi saja, serta merasa lebih baik menjelang persalinan.


Bagaimana cara kerja hypnobirthing?

Pengalaman nyeri persalinan yang dialami wanita dapat bervariasi dalam intensitasnya; namun ketakutan, ketegangan dan kecemasan dapat memperburuk kondisi tersebut. Hipnosis bertujuan mempersiapkan seorang wanita yang akan melahirkan dengan menyusun ulang representasi persalinan dari pengalaman yang menyakitkan dan sulit, menjadi pengalaman yang positif.


Aktivitas mental dan fisik yang dilakukan melalui hypnobirthing dapat mengurangi hal tersebut. Apakah ini benar-benar berhasil dan apakan ada buktinya?


Tinjauan sistematis terhadap intervensi berbasis hipnosis selama kehamilan menemukan bahwa hipnosis meningkatkan pengalaman melahirkan dengan mengurangi rasa takut dan nyeri serta meningkatkan rasa kontrol terhadap diri.


Hal ini akan menciptakan pengalaman emosional dan pandangan seorang wanita  terhadap persalinan, di mana kecemasan menurun, kepuasan bertambah, lebih sedikit intervensi kelahiran, dan lebih banyak kebahagiaan pasca melahirkan. Tentunya ini memberikan pengalaman melahirkan yang lebih baik secara keseluruhan. 


Penelitian lain menemukan bahwa self-hypnosis meningkatkan 'perasaan tenang, percaya diri, dan berdaya.'

Baca juga: Normal atau Sungsang? Ini Beberapa Posisi Janin Menjelang Persalinan


Cara melakukan hypnobirthing

Hypnobirthing melibatkan teknik pembelajaran yang dapat Mums gunakan sebelum, selama, dan sesudah persalinan. 


Teknik visualisasi

Di sini Mums diminta membayangkan sesuatu yang menyenangkan dalam pikiran untuk mengalihkan rasa nyeri persalinan. Mums bisa membayangkan tempat tertentu yang indah, atau mungkin sesuatu yang lebih tidak jelas, seperti perasaan atau skenario yang menyenangkan.


Misalnya, Mums  membayangkan bunga yang mekar pada setiap gelombang persalinan, atau membayangkan bagaimana rasanya menggendong bayi dari kulit ke kulit setelah mereka lahir. Anggap saja ini sebagai cara untuk membantu Mums merasa lebih siap dan percaya diri.


Afirmasi kehamilan dan kelahiran

Afirmasi atau "mantra" dapat membantu Mums mengubah pola pikir sehingga melahirkan terasa lebih memberdayakan daripada membebani. Menerapkan pengalaman ini dapat membantu Mums rileks dan merasa lebih terkendali.


Mengubah kata-kata yang Mums gunakan juga dapat membantu. Coba gunakan 'gelombang' dan bukan 'kontraksi'. Saat persalinan tiba, Mums bisa ucapkan afirmasi:

“Saya tenang, saya percaya diri, saya bahagia.”

“Aku bisa melakukan ini, kita bisa melakukan ini, ayo nak lakukan bersama-sama!’

“Setiap gelombang yang saya alami membuat saya semakin dekat untuk bertemu dengan bayi saya.”


Teknik relaksasi

Relaksasi mendalam adalah sejenis teknik meditasi. Ini dapat membantu Mums mempertajam tubuh dan bayi selama persalinan dan menghalangi kebisingan tambahan atau hal-hal yang terjadi di sekitar Mums. Relaksasi bisa dilakukan dengan pernapasan dalam, hipnosis diri, fokus, dan lain-lain. 


Fakta yang kurang tepat tentang hypnobirthing

Sering terjadi kesalahpahaman mengenai hypnobirthing, yaitu wanita kehilangan kendali atas pikiran karena terhipnotis. Ini tidak benar. Wanita yang menggunakan self-hypnosis selama persalinan sepenuhnya memegang kendali dan sadar akan apa yang terjadi pada dirinya dan orang di sekitarnya. Tujuan hypnobirthing adalah membantu seorang wanita fokus dan meningkatkan pengalaman melahirkannya.


Keuntungan hypnobirthing antara lain membantu wanita merasa lebih percaya diri dengan diri mereka sendiri dan kemampuan mereka untuk menjalani persalinan dengan perasaan terkendali, sehingga menghasilkan pengalaman melahirkan yang lebih positif.


Hypnobirthing dapat mengurangi kecemasan dan mengurangi ketakutan terkait kehamilan dan persalinan. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya persepsi nyeri selama persalinan, dan mempersingkat durasi persalinan.


Jika Mums ingin mempelajari hypnobirthing, sebaiknya dimulai sejak awal kehamilan, atau minimal di trimester kedua. Karena dibutuhkan waktu untuk menguasai teknik pernapasan, visualisasi, dan self-hypnosis. Hal ini akan lebih efektif bila dilakukan secara rutin selama kehamilan.

Baca juga: Plus Minus melahirkan dengan Metode ILA


Referensi:

NCT. hypnobirthing-where-start

Tommys. pain-relief/hypnobirthing