Mengenal Prosedur dan Tujuan Inseminasi Buatan

Selasa, 17 September 2024 15:38 WIB

Mengenal Prosedur dan Tujuan Inseminasi Buatan
Ella Nurlaila

Ella Nurlaila

Bagikan :

Masalah infertilitas atau sulit mendapatkan keturunan memang kerap terjadi pada pasangan usia subur. Itu sebabnya ada beberapa cara yang digunakan untuk mengatasi masalah infertilitas ini. Salah satunya dengan metode inseminasi buatan. 


Inseminasi adalah prosedur sederhana dengan sedikit efek samping. Menjadi pilihan untuk membantu beberapa pasangan yang belum berhasil hamil secara alamiah. 


Berbagai Kondisi yang Perlu Inseminasi 

Inseminasi adalah prosedur memasukkan sperma ke dalam serviks, tuba falopi, atau rahim. Dengan menggunakan alat dan teknik khusus, dokter akan melakukan prosedur yang dikenal dengan istilah inseminasi intrauterine (IUI). 


Metode ini membantu sperma masuk ke dalam rahim. Prinsip kerja inseminasi adalah mempersingkat perjalanan sperma dan menghindari hambatan yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan sperma mencapai sel telur untuk kemudian dibuahi. 


Prosedur ini dapat digunakan untuk mengatasi berbagai jenis masalah kesuburan pada pria. Sering digunakan ketika jumlah sperma sangat rendah atau ketika sperma tidak cukup kuat untuk berenang melalui serviks dan masuk ke tuba falopi. 


Kasih Saran, Yuk!