Penyebab Hasil Positif Palsu pada Tes Kehamilan

Kamis, 15 Agustus 2024 09:35 WIB

Penyebab Hasil Positif Palsu pada Tes Kehamilan

Meski hasil tes kehamilan di rumah akurat, ada kemungkinan hasilnya bisa negatif dan positif palsu, lho. Positif palsu pada tes kehamilan berarti menyatakan Mums hamil padahal sebenarnya tidak. Dalam kebanyakan kasus, tes ini mendeteksi hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine, yang sebenarnya tidak ada hCG dalam urine.

Meskipun hasil tes kehamilan positif palsu jarang terjadi, hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan. Ada berbagai alasan mengapa positif palsu pada tes kehamilan bisa terjadi. Pertama, mungkin saja tes tersebut tidak disimpan dengan benar atau rusak karena panas atau air. Mungkin juga ada cacat produksi. Namun, sekali lagi hal ini jarang terjadi.

 

Kemungkinan besar, meskipun jarang terjadi, ini disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan tes. Misalnya, Mums mungkin menunggu terlalu lama untuk membaca hasilnya atau salah mengartikan strip tes, yang terkadang memiliki garis samar, yang disebut garis evaporasi dengan hasil negatif. Hasil positif yang sesungguhnya akan tampak sebagai garis terang.

Baca juga: Tips Promil Anak Kedua, Cepat Hamil Setelah Lepas KB

Kemungkinan lainnya adalah ditemukannya hCG dalam urine. Secara

Kasih Saran, Yuk!